Kiat Perawatan Kulit Wajah Selama Pandemi Covid-19

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 24/02/2021
Gambar oleh Bessi dari Pixabay
Gambar oleh Bessi dari Pixabay

Oase.id – Penggunaan masker wajah menjadi langkah kunci untuk mencegah terpapar virus covid-19. Tetapi penggunaan masker wajah yang terlalu lama juga bisa menyebabkan permasalahan pada kulit.

Dilansir dari Mayoclinic.org, penggunaan masker terlalu lama dapat membuat kondisi kulit wajah menjadi berminyak dan berkeringat. Akibatnya, beberapa orang mengalami gatal-gatal, ruam, jerawat bahkan iritasi.

Untuk menghindari permasalahan tersebut, berikut beberapa kiat perawatan kulit wajah yang bisa kamu lakukan selama pandemi covid-19:

1. Rutin perawatan kulit
Membersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker menjadi penting untuk menjaga kulit tetap sehat. Gunakan produk dengan kandungan “noncomedogenic” yang berarti produk ini tidak akan menyumbat pori-pori.

2. Menggunakan pelembab
Untuk mencegah dan mengurangi iritasi kulit yang disebabkan oleh tekanan atau gesekan masker. Aplikasikan produk pelembab yang mengandung zinc oxide dengan fungsi sebagai penenang dan pelindung kulit wajah. Gunakan produk ini pada pangkal hidung atau di belakang telinga.

3. Meringankan lecet
Jika permukaan wajah mulai lecet, segeralah untuk membersihkannya dan oleskan salep antibiotik. Selain itu gunakan perban sebagai penghalang antara blister dan masker.

4. Mengobati jerawat
Untuk jerawat, bersihkan kulit secara teratur dan gunakan pelembab yang mudah larut dalam air. Cari produk perawatan jerawat yang mengandung retinoid, benzoil peroksida dan asam salisilat. Hindari menyentuh atau menekan jerawat karena akan menyebabkan peradangan dan infeksi pada area tersebut.

Jangan berhenti untuk menggunakan masker jika sedang di luar rumah sebagai langkah pencegahan virus covid-19. Namun, jika kulit mulai mengalami masalah yang lebih parah segera hubungi dokter kulit untuk perawatan lebih lanjut.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus