Kampus Top AS Minta Mahasiswa Indonesia Jalur LPDP Ditambah

Medcom.id - Prestasi dan Beasiswa 08/07/2020
Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington DC Popy Ruafaidah Foto: Zoom by Medcom.id
Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington DC Popy Ruafaidah Foto: Zoom by Medcom.id

Oase.id- Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC, Amerika Serikat (AS), meminta Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) mendorong pimpinan PTN menyiapkan mahasiswa agar memenuhi syarat peraih beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Sebab, beberapa kampus top di AS meminta penambahan jumlah mahasiswa Indonesia jalur beasiswa LPDP.

"Tantangan Majelis Forum Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia matching kriteria persyaratan dari LPDP, kemudian calon mahasiswa yang mencari beasiswa untuk studi S2 dan S3 bisa memenuhi target LPDP," kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington DC, Popy Ruafaidah, melansir Medcom.id, Rabu, 8 Juli 2020.

Poppy menjelaskan beberapa perguruan tinggi top di Amerika Serikat puas dengan kualitas mahasiswa peraih beasiswa LPDP. Makanya, mereka berharap LPDP bisa memperbanyak mahasiswa yang studi S2 maupun S3.

 

"LPDP salah satu lembaga penyedia beasiswa yang sangat dikenal di Amerika Serikat. Orang-orangnya pilihan mereka sangat puas kinerja mahasiswa LPDP, bahkan sering kali bertanya ingin menambah jumlah,” ujarnya.

Ketua MRPTNI Jamal Wiwoho memastikan bakal mendorong pimpinan perguruan tinggi bisa menggerakkan dosen dan mahasiswanya ikut meningkatkan kualitas lulusan sarjana. Jamal bermimpi bisa mendorong mahasiswa Indonesia melanjutkan kuliah di kampus top negeri Paman Sam.

"Kita bermimpi bagaimana bisa mendorong mahasiswa kita tidak hanya kuliah S2 dan S3 di Asia saja, kita dorong masuk perguruan tinggi top di Amerika Serikat," ungkap Jamal.

Ia pun mengapresiasi LPDP yang siap memfasilitasi mahasiswa Indonesia studi ke Amerika Serikat. Sebab, ujar Jamal, biaya menjadi salah satu tembok besar yang harus dilewati untuk bisa berguru di Amerika Serikat.

"Dirut LPDP sudah mengatakan jangan sampai uang menjadi kendala. LPDP punya ratusan triliun untuk itu. Tinggal, mari bersama rekan-rekan rektor di Indonesia antar PTN mendorong dosen S3 di Amerika Serikat, dan mendorong lulusan cumlaude misal S1 bisa saja ikut Program LPDp S-2 langsung S-3," terang Jamal.

Sementara itu, Direktur Utama LPDP Rionald Silaban menyampaikan LPDP akan memperbanyak mahasiswa Indonesia studi S2 dan S3 di Amerika Serikat. Terutama di kampus top dunia di Amerika.

"Tantangan bagi kami meningkatkan potensi anak anak kita bisa masuk ke dalam univeristas top dunia di Amerika," ungkap Rionald.

Rionald memerinci, saat ini ada 800 mahasiswa peraih beasiswa LPDP yang studi Amerika dan tersebar di beberapa kampus dan negara bagian. Sementara untuk tahun ini, penerima beasiswa LPDP studi ke Amerika sebanyak 196 awardee.

Ia menekankan, LPDP memberi kemudahan bagi yang ingin studi di Amerika Serikat. Tujuannya agar lebih banyak yang studi di kampus top Amerika. Teranyar, LPDP telah melakukan negosiasi dengan Oxford University untuk memperbanyak anak Indonesia bisa kuliah di Ivy League.

"Untuk Amerika Serikat bagi anak-anak diterima di Ivy League kami memberikan kemudahan sepanjang anak tersebut telah memiliki Letter of Acceptence (LoA)," ujar Rionald.


(FER)
Posted by Fera Rahmatun Nazilah