Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Digelar Virtual

Medcom.id - HUT Kemerdekaan RI 17/08/2020
Photo by Antara/ Akbar Nugroho Gumay
Photo by Antara/ Akbar Nugroho Gumay

Oase.id- Upacara pengibaran bendera merah putih memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, hari ini, Senin, 17 Agustus 2020 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Istana Negara yang biasanya ramai dengan pejabat negara, perwakilan negara sahabat, hingga masyarakat umum kini tak bisa hadir secara langsung.

Meski begitu, kemeriahan upacara HUT RI bakal tetap terasa di tengah pandemi virus korona (covid-19). Belasan ribu orang diundang menyaksikan upacara secara virtual.

"Berbeda dengan tahun-tahun lalu, kali ini Bapak/Ibu kami undang untuk mengikuti HUT ke-75 RI tahun ini melalui virtual," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dikutip dari laman Medcom.id, Senin, 17 Agustus 2020.

Melalui 'Pandang Istana' sebanyak 17.845 orang diundang hadir secara virtual. Pendaftaran dibuka sejak Senin, 10 Agustus 2020 hingga kuota terpenuhi.

Selain menyaksikan upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Negara, Jakarta, masyarakat bakal disuguhi sejumlah hiburan. Salah satunya menyaksikan penampilan dari berbagai artis, mulai dari Andien, Kunto Aji, hingga Selfi LIDA. Desainer Denny Wiryawan juga akan mempersembahkan virtual fashion show bertema kemerdekaan.

Upacara HUT ke-75 RI bakal digelar secara sederhana. Upacara hanya dihadiri Presiden Joko Widodo dan istri, Iriana Jokowi, serta Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan istri, Wury Estu Handayani.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, lima orang perwakilan masing-masing Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut, turut hadir. Para menteri dan mantan presiden akan menyaksikan upacara melalui virtual.

Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang biasanya berjumlah 68 orang juga berkurang drastis. Tahun ini, hanya delapan anggota Paskibraka yang ditunjuk.

 

Sementara itu, masyarakat diminta menghentikan kegiatan pukul 10.17 WIB. Masyarakat di luar pulau Jawa dan luar negeri diminta menyesuaikan waktu. Misalnya, warga di Indonesia bagian timur menghentikan kegiatan pukul 12.17 WIT.

"Kami harapkan seluruh bangsa Indonesia di mana pun mereka berada bisa mengambil sikap sempurna ketika bendera merah putih akan dikibarkan di Istana," kata Heru.


(FER)
Posted by Fera Rahmatun Nazilah