MUI Ajak Warga Gelar Doa Kemanusiaan Serempak pada 14 Mei 2020

Medcom.id - Ramadan 2020 11/05/2020
Photo by ANTARA/SAHRUL MANDA TIKUPADANG
Photo by ANTARA/SAHRUL MANDA TIKUPADANG

Oase.id- Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin mengajak seluruh organisasi masyarakat dan umat Islam di Indonesia memanjatkan doa untuk kemanusian pada Kamis, 14 Mei 2020. Seruan ini merespons imbauan Grand Syaikh Al-Azhar Ahmad At-Thoyyib agar berdoa secara serentak di seluruh dunia.

"Doa diniatkan khusus untuk memohon pertolongan dari Allah SWT agar dunia dan manusia terbebas dari wabah covid-19," kata Din, melansir Medcom.id, Senin, 11 Mei, 2020.

Din mengatakan tatanan dunia saat ini berubah karena wabah korona. Yang berubah, yakni tatanan sosial, budaya, keagamaan dan ekonomi.

"Perlunya semua pihak berintrospeksi dan memperbaiki diri agar dunia kembali pada tatanannya yang damai dan sejahtera," ujar dia.

Doa serentak yang dilakukan oleh seluruh umat manusia di dunia pada bulan Ramadan diyakini dapat dijabah Allah. Inti doanya, meminta pertolongan agar membebaskan masyarakat dari ancaman wabah korona.

 

"Insyaallah PP Muhammadiyah, PBNU, PMI juga akan menyerukan hal yang sama, agar 14 Mei menjadi hari internasional untuk doa bersama secara serentak memohon kepada Allah SWT," kata dia.

Doa bersama secara serentak ini diimbau oleh tokoh agama, kepala negara dan ketua-ketua organisasi internasional antara lain Grand Syaikh Al-Azhar, Sekjen PBB, Dewan Masjid Indonesia, Paus Fransiscus, Emir Abu Dhabi, Raja Bahrain, Sekjen Liga Dunia Islam, Persatuan Negara Arfika, dan lain sebagainya.


(FER)
TAGs:
Posted by Fera Rahmatun Nazilah