5 Tips Agar Tetap Termotivasi di Tempat Kerja selama Ramadhan

Phooby Kamaratih - Ramadhan 2021 13/04/2021
Photo by Gabby K from Pexels
Photo by Gabby K from Pexels

Oase.id – Berpuasa di bulan Ramadhan bukan penghalang bagi umat islam menjalani aktivitas seperti biasa, termasuk bekerja di kantor. Walaupun Ramadhan tahun ini masih dalam suasana pandemi namun beberapa perusahaan mewajibkan karyawannya untuk bekerja di kantor.

Tak perlu khawatir, berikut 5 tips agar tetap bersemangat dalam berkerja selama Ramadhan yang Oase.id rangkum dari hrinasia.com:

1. Makan sahur secukupnya

Ingat, saat mulai mengisi energi pada saat sahur dan berbuka tidak perlu makan berlebihan. Makan dengan porsi berlebih saat sahur akan membuat tubuh tidak berenergi dan merasa mengantuk. Saat sahur pilihlah menu yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan seratnya agar membantu kenyang lebih lama dan berenergi.

2. Sesuaikan waktu tidur

Ada dua jadwal tidur yang harus diperbaiki selama bulan Ramadhan. Yang pertama kebiasaan tidur terlalu larut, yang kedua tidur setelah sahur atau shalat subuh. Dua kebiasaan tidur ini akan membuat tubuh terasa lesu dan mengantuk sepanjang hari yang berarti pekerjaan mungkin menjadi tidak produktif. Ganti aktivitas tidur setelah subuh menjadi olahraga ringan atau aktivitas pemberi energi lainnya.

3. Sertakan aktivitas lain selama bekerja

Manfaatkan waktu istirahat makan siang untuk melakukan beberapa aktivitas yang membuat Anda segar dan rileks seperti berolahraga, jalan-jalan di kantor, atau sesekali mengobrol dengan rekan kerja. Atau juga dapat menggunakan waktu istirahat makan siang untuk tidur selama 20-30 menit, aktivitas ini akan membantu tubuh merasa segera dan siap bekerja kembali.

4. Hindari Kafein

Mungkin pada hari biasa, kafein mampu membantu tubuh menjadi waspada terutama saat merasa mengantuk. Namun tidak selama bulan puasa, mengonsumsi kafein saat sahur atau berbuka hanya akan melukai perut dan membuat perut mual.

5. Ritual ibadah dan menjaga kesehatan

Bagian penting dari Ramadhan adalah ketaatan pada ritual ibadah. Jika ibadah yang konsisten adalah perjuangan sebelum bulan berkah, Ramadhan adalah momen untuk meningkatkannya. Hindari makanan tidak sehat, aktivitas non produktif dan sejenisnya. Jika sehat, dapat mengatasi semua tantangan dan bekerja dengan optimal.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus