3 Cara Mudah untuk Menghentikan Overthinking

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 07/01/2022
photo by Brett Sayles from pexels
photo by Brett Sayles from pexels

Oase.id - Menghadapi banyak aktivitas dengan beberapa kekhawatiran, mungkin akan mengganggu ketenangan. Untuk menenangkan pikiran tersebut atau biasa disebut overthinking, para ahli menyarankan salah satunya untuk melakukan meditasi untuk sejenak menyingkirkan beberapa kekhawatiran atau kecemasan yang tidak penting.

Menurut studi 2013, terlalu banyak pikiran dan memikirkan pikiran yang sama berulang kali berpotensi meningkatkan risiko kondisi kesehatan mental tertentu. Dilansir dari healthline.com, berikut kiat- kita yang dapat membantu mengurangi overthinking.

1. Tetap beraktivitas

Menemukan hobi ataupun kegiatan baru bisa jadi ampuh untuk mengurangi tubuh berpikir berlebihan. Mungkin setiap orang memiliki caranya masing-masing, namun ini ada beberapa contoh kegiatan yang bisa menjadi inspirasi:

  1. Mempelajari keterampilan memasak
  2. Pergi berolahraga
  3. Melukis atau membaca buku
  4. Menjadi sukarelawan
  5. Lakukanlah aktivitas baru secara berkala dan menyisihkan waktu setidaknya 30 menit dalam sehari.

2. Atur pernapasan

Jika kamu melamun dan memikirkan banyak hal yang mengganggu aktivitasmu, cobalah untuk menutup mata dan tarik nafas dalam-dalam. Latihan di bawah ini bisa juga membantu tubuh lebih santai:

  • Temukan tempat yang nyaman untuk duduk lalu merilekskan leher dan bahu.
  • Kemudian letakkan satu tangan di atas jantung dan tangan lainnya pada bagian perut.
  • Dilanjutkan dengan menarik nafas dan membuangnya melalui hidung, dan perhatikan bagaimana dada dan perut bergerak saat bernapas.
  • Lakukan latihan ini sebanyak tiga kali sehari selama 5 menit atau jika pikiranmu membuat lelah.

3. Mengenali pikiran negatif

Untuk menghilangkan pikiran yang mengganggu kehidupan sehari-hari, cobalah dengan mengidentifikasi hal-hal negatif yang terlibat, dengan cara berikut ini:

  • Siapkan buku catatan untuk menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan situasi yang menimbulkan kecemasan, suasana hati, dan pikiran negatif yang muncul secara tiba-tiba.
  • Mengevaluasi mengapa situasi atau keadaan tersebut mampu menyebabkan pikiran negatif.
  • Menemukan beberapa alternatif untuk menghilangkan pikiran negatif. Misalnya, alih-alih langsung melontarkan, "Ini akan menjadi kegagalan yang luar biasa", cobalah sesuatu seperti, "Saya benar-benar mencoba yang terbaik."

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan setiap hari untuk mengurangi atau menghentikan pikiran negatif yang mampu mengganggu aktivitas sehari-hari.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus