Keistimewaan Wanita Hamil serta Pahala Khusus yang Didapat

Octri Amelia Suryani - Perempuan muslim Hukum Islam 15/11/2021
Keistimewaan Ibu Hamil (Dan Evans-Pixabay)
Keistimewaan Ibu Hamil (Dan Evans-Pixabay)

Oase.id - Wanita adalah makhluk Allah yang sangat mulia. Wanita diberi kodrat hamil, melahirkan, dan menyusui. Ada perlakuan istimewa yang diberikan Allah Swt kepada wanita hamil.

Allah menganugerahkan kehamilan pada wanita disertai dengan keistimewaan dan pahala yang sangat besar. Hal ini dalam ajaran Islam diketahui sebagai keutamaan wanita hamil dan menyusui yang berbuah ganjaran atau pahala yang besar jika dijalani sesuai akidah yang ada.

Sebagaimana firman Allah Swt dalam QS. Al-Ahqaf ayat 15:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا

Artinya: “Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan.”

Selain firman Allah tersebut, Rasulullah ﷺ juga memberikan jaminan terkait risiko apa pun yang diderita wanita saat hamil. Karena mengancam kematian, maka dinilai sebagai syahid.

Dalam ajaran Islam berikut 5 keistimewaan yang didapat wanita hamil:

1. Mendapat Pahala Salat Lebih Besar

Salat wanita hamil memiliki pahala lebih besar. Salatnya wanita hamil lebih diutamakan dibanding dengan wanita yang tidak hamil.

Rasulullah ﷺ menyebutkan bahwa dua rakaat salat wanita hamil menjadi lebih baik dibandingkan dengan 80 rakaat salat yang dilakukan wanita tidak hamil.

Keutamaan ini diberikan kepada wanita hamil karena sedang mengandung janin dalam perutnya. Janin yang dikandung pun ikut salat, mendengar bacaan salat, dan ikut sujud saat tengah menghadap Allah Swt.

2. Mati Syahid

Ibu hamil yang meninggal ketika melahirkan maka disebut mati Syahid. Wanita yang tengah hamil maupun melahirkan akan merasakan berbagai macam rasa sakit. Karena itu, Allah menjanjikan mati syahid kepada wanita hamil yang meninggal dunia ketika melahirkan.

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: “Tahukah kalian, siapa orang yang mati syahid di kalangan umatku?” beliau menjawab, orang yang mati syahid di kalangan umatku cuma sedikit. Orang yang mati berjihad di jalan Allah, syahid, orang yang mati karena Tha’un, syahid. Orang yang mati tenggelam, syahid. Orang yang mati karena sakit perut, syahid. Dan perempuan yang mati karena nifas, dia akan ditarik oleh anaknya menuju surga dengan tali pusarnya.” (HR. Ahmad)

3. Dijanjikan Pahala 12 Tahun Pahala Ibadah

Tak sedikit wanita hamil mengalami kesulitan saat tidur di malam hari. Apalagi, ketika usia kandungannya sudah semakin besar.

Bagi wanita hamil yang terjaga saat malam hari, kemudian memberikan hiburan bagi janin yang dikandungnya, Allah Swt menjanjikan pahala yang besar. Yaitu, sebesar 12 tahun pahala ibadah yang dikerjakannya.

4. Pahala Berlipat Ganda

Selain dijanjikan mendapat 12 tahun pahala ibadah, ada banyak pahala lain yang dijanjikan Allah Swt. Pahala-pahala tersebut juga bisa dilipatgandakan selama kehamilan jika tetap menjalankan ibadah wajib maupun ibadah sunah dalam ajaran Islam.

Selain mendapat keutamaan pahala wanita hamil, ibadah yang dikerjakan saat hamil pun akan dilipatgandakan oleh Allah Swt.

5. Diampuni Dosanya

Salah satu keistimewaan wanita hamil yakni diampuni dosanya oleh Allah Swt. Ampunan dosa diberikan karena keikhlasan dari seorang wanita saat mengandung hingga melahirkan dalam menanggung rasa sakit. Kemudian dengan ikhlas merawat bayinya dan memberikan pendidikan hingga tumbuh menjadi seorang yang soleh dan solehah.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus