Cappadocia Mencatatkan Rekor Jumlah Pengunjung di Bulan Januari

N Zaid - Turki 17/02/2023
Cappadocia. Foto Daily Sabah
Cappadocia. Foto Daily Sabah

Oase.id - Cappadocia - tujuan wisata terkenal di pusat Türkiye yang terkenal dengan lanskap surealisnya dengan formasi bebatuan yang rumit - menarik jumlah pengunjung yang memecahkan rekor pada bulan Januari tahun ini, dengan 174.222 wisatawan mengunjungi wilayah tersebut.

Terkenal dengan kekayaan sejarah, budaya, dan keindahan alamnya, kawasan ini terus menjadi tujuan populer baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Menurut Kantor Gubernur Nevşehir, atraksi paling populer di wilayah tersebut adalah Situs Arkeologi Zelve, yang dikunjungi 49.467 pengunjung, diikuti oleh Museum Terbuka Göreme dengan 48.287 pengunjung dan Kota Bawah Tanah Kaymaklı dengan 27.113 pengunjung.

Angka-angka ini mencerminkan peningkatan pariwisata yang signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dengan 123.244 wisatawan mengunjungi museum dan berbagai situs kuno pada Januari 2023, 159.245 wisatawan pada 2020, 42.560 wisatawan pada 2021, dan 88.677 wisatawan pada 2022.

Gubernur Nevşehir Inci Sezer Becel mengungkapkan optimismenya untuk musim turis yang akan datang, dengan mengatakan bahwa jumlah pengunjung ke kawasan tersebut sudah menunjukkan tren yang positif.

“Harapan kami untuk tahun 2023 adalah memecahkan rekor jumlah wisatawan, dan peningkatan minat terhadap Cappadocia mendorong pertumbuhan ini,” kata Becel.

“Hasil tahun lalu di bulan-bulan terakhir tahun 2022 memberi kami alasan untuk percaya bahwa prediksi kami akan menjadi kenyataan. Angka bulan Januari saja telah berlipat ganda dibandingkan tahun sebelumnya, dan kami berharap tren kenaikan ini akan terus berlanjut dalam beberapa bulan mendatang.”

Turis asing dan lokal berbicara kepada Anadolu Agency (AA) juga menyatakan senang mengunjungi kawasan terkenal itu.

Turis Indonesia Asman Dau terpikat oleh keunikan alam Cappadocia, menggambarkan kawasan itu sebagai “megah” dan memuji bangunan bersejarahnya karena “penampilannya yang menakjubkan”.

Dau menambahkan, ia berniat berbagi pengalamannya dengan teman-teman di kampung halaman melalui foto-foto yang diambilnya.

Muda Yadav, pengunjung Indonesia lainnya, terkesan dengan lukisan dinding yang terpelihara dengan baik di gereja-gereja berukir batu dan menghargai kesempatan untuk mengamati sisa-sisa wilayah tersebut.

Taha Berk Ceylan, yang berkunjung dari Mersin selatan Türkiye bersama teman-temannya, terpesona oleh keindahan kawasan itu, karena hanya pernah melihat foto sebelumnya.

Dia mengungkapkan keinginan untuk membagi pengalamannya agar orang lain datang mengalami sendiri berbagai keindahan di Cappadocia.(AA, dailysabah)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus