9 Makanan Sumber Vitamin C Alami yang Baik untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 07/07/2021
 Photo by Engin Akyurt from Pexels
Photo by Engin Akyurt from Pexels

Oase.id – Baru-baru ini masyarakat berbondong-bondong membeli suplemen vitamin C hingga produk ini mulai langka di pasaran. Tentunya fenomena ini beriringan dengan kasus covid-19 yang kian melonjak di Indonesia.

Vitamin C merupakan salah satu suplemen yang bisa meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh agar terhindar dari Covid-19. Tapi tahukah kamu, bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C dalam jumlah tinggi  atau berlebih dapat menyebabkan efek samping. Mulai dari gangguan pencernaan hingga batu ginjal.

Maka dari itu, melansir dari healthline.com, kita disarankan untuk mendapatkan asupan vitamin C dari makanan alami. Berikut makanan yang mengandung vitamin C alami pengganti suplemen untuk meningkatkan imun tubuh:

1. Jambu biji

Buah tropis berdaging merah muda ini ternyata mengandung 126 mg vitamin C atau 140% dari nilai harian nutrisi. Dan jambu juga kaya akan antioksidan likopen. Sebuah studi Effect of Guava in Blood Glucose and Lipid selama enam minggu yang melibatkan 45 orang muda dan sehat menemukan bahwa makan 400 gram jambu biji kupas per hari, atau sekitar 7 buah buah ini, secara signifikan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total.

2. Blackcurrant

embed

Setengah mangkuk (56 gram) blackcurrant (Ribes nigrum) mengandung 101 mg vitamin C, atau 112% dari nilai harian nutrisi. Kandungan Flavonoid antioksidan yang dikenal sebagai anthocyanin memberi mereka warna gelap yang kaya.

3. Cabai

Satu cabai hijau mengandung 109 mg vitamin C atau setara dengan 121% dari nilai harian nutrisi sedangkan pada cabai merah hanya mengandung 65 mg saja. Selain itu, cabai kaya akan capsaicin, senyawa yang bertanggung jawab atas rasa pedasnya. Capsaicin juga dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan. Selain itu, cabai juga dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak.

4. Paprika kuning

Kandungan vitamin C dari paprika kuning dalam satu setengah mangkuk (75 gram) menyediakan 137 mg vitamin C, atau 152% dari nilai harian nutrisi, ini menunjukan dua kali lipat jumlah yang ditemukan dalam paprika hijau.

5. Kubis atau Kol

embed

Dalam satu mangkuk kubis cincang menyediakan 80 mg vitamin c atau 89% dari nilai harian nutrisi. Dan mengandung vitamin K yang tinggi. Namun, untuk mengolah kubis ini perlu dilakukan dengan benar agar tidak mengurangi vitamin C yang terkandung pada kubis.

6. Kiwi

Satu buah kiwi ukuran sedang mengandung 71 mg vitamin C, atau 79% dari nilai harian nutrisi. Buah kiwi yang kaya vitamin C dapat membantu mengurangi stress oksidatif menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kekebalan.

7. Brokoli

embed

Setengah mangkuk brokoli yang dimasak mengandung 51 mg vitamin C atau 57% dari harian nilai nutrisi. Makan banyak sayuran kaya vitamin c mampu menurunkan stres oksidatif, meningkatkan kekebalan dan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung.

8. Lemon

Satu lemon utuh, termasuk kulitnya, menyediakan 83 mg vitamin C, atau 92% dari nilai harian nutrisi. Vitamin C dalam jus lemon juga bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, lemon juga bertindak sebagai penghalang atau mencegah proses pencoklatan pada buah yang sudah dipotong.

9. Leci

Satu leci menyediakan hampir 7 mg vitamin C, atau 7,5% dari nilai harian nutrisi, sementara satu porsi cangkir menyediakan 151% (46). Leci juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang bermanfaat bagi otak, jantung, dan pembuluh darah. Buah ini juga terkenal dalam sintesis kolagen pada kulit.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus