Inilah 9 Fakta Menakjubkan Tentang Ka'bah

N Zaid - Makkah 15/09/2022
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Kakbah adalah tempat yang paling dicintai dan suci bagi umat Islam. Jutaan Muslim setiap tahun dari berbagai belahan dunia mengunjungi Masjidil Haram untuk berdoa dan beribadah haji ataupun umrah.

Inilah 9 Fakta Menakjubkan Tentang Ka'bah.


1. Kakbah dibangun Beberapa Kali

Kakbah dibangun kembali oleh Nabi Ibrahim (AS) dan Ismail (AS), tetapi tidak terlihat sama seperti yang mengalami konstruksi besar selama era Nabi Muhammad ﷺ. Konstruksi terbesar terakhir terjadi pada tahun 1996, yang menggantikan banyak batu dan membuat fondasi menjadi lebih kuat.

2. Dua Pintu dan Jendela Kakbah

Kakbah memiliki dua pintu, satu untuk masuk dan satu lagi untuk keluar. Kakbah juga memiliki jendela di sisinya. Hanya ada satu pintu, sementara yang lain berwarna hitam, yang bisa dilihat saat badai. 

3. Dulu Warna-warni

Tradisi kiswah hitam dimulai oleh Abbasiyah, yang merupakan warna favoritnya. Sebelumnya, Kakbah berwarna Hijau, Merah, dan juga putih.

4. Kunci Kakbah
Kunci Kakbah diberikan kepada Keluarga Bani Sahiba kepada orang bernama Osman Ibn Talha oleh Nabi Muhammad ﷺ setelah dia menaklukkan Mekah. 

5. Kakbah dulunya terbuka untuk semua orang

Dulu terbuka untuk semua orang karena siapa pun dapat memasukinya, tetapi kemudian ditutup, dan sekarang hanya eksklusif untuk Raja Saudi, perdana menteri, dan presiden dunia.

6. Anda bisa berenang 
Berada di tengah di antara bukit, dulu tidak ada sistem drainase air yang lebih baik, sehingga Kakbah akan banjir saat hujan di Mekah. Jadi orang harus berenang di sekitar Kakbah untuk melakukan Tawaf.

7. Hajar Aswad (Hajre Aswad) pecah!

Banyak orang yang penasaran kenapa Hajar Aswad dibingkai perak. Konon ada kelompok Ismailiyah yang berasal dari Bahrain, yang mengatakan bahwa tawaf adalah perbuatan tahayul. Kelompok yang sama membunuh ratusan dan ribuan orang yang datang untuk menunaikan haji dan membuang mayat mereka ke dalam sumur Zamzam.

Kelompok yang sama bahkan membawa Hajar Aswad ke Kufah di Irak dan telah menahannya dengan tebusan sampai mereka dipaksa untuk kembali selama Kekhalifahan Abbasiyah. Ketika mereka mendapatkannya kembali, batu itu menjadi beberapa bagian.

8. Saat berada di dalam Kakbah, Anda dapat berdoa ke segala arah

Ketika Anda melangkah ke Kakbah, Anda dapat berdoa ke segala arah yang Anda inginkan.

9. Pembukaan Pintu

Pintunya hanya terbuka dua kali setahun.(theislamicinformation)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus